5 Sayuran yang Harus Dimasukkan dalam Daftar Menu Program Hamil

Kesehatan

Sayur menjadi makanan yang menjadi faktor pendukung kehamilan sehat. Dalam sayuran banyak mengandung zat besi, vitamin, dan zat gizi lainnya. Dari sekian banyak jenis sayuran ada 5 sayuran yang harus masuk dalam daftar menu harian saat menjalankan program hamil.

  1. Bayam

Bayam dikenal mengandung zat besi yang tinggi. Selain itu, di dalam bayam juga terdapat zinc, anti oksidan dan asam folat yang bagus untuk Anda yang menjalankan program hamil. Jika kita mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, artinya dapat mengurangi risiko anemia.

Tubuh akan tetap terjaga kandungan darahnya dan siklus ovulasi juga tidak terganggu. Sedangkan zinc sendiri berfungsi memperbesar peluang pembuahan sel karena cara kerjanya memengaruhi pembentukan hormon estrogen dan progesteron yang baik untuk sistem reproduksi Anda.

Sedangkan asam folat berperan dalam menunjang program kehamilan dan mencegah adanya bayi lahir cacat. Asam folat dalam bayam ini masuk kategori tertinggi dibanding pada sayuran lainnya. Jumlah asam folat baya 194 mcg/100 gram.

  1. Asparagus

Asparagus adalah sayuran hijau yang biasa dimasak sebagai sup. Penelitian menyebutkan wanita yang mengonsumsi asam folat berpeluang besar untuk hamil. Dalam asparagus terdapat asam folat yang tinggi setelah bayam. Selain itu, kandungan asparagus adalah vitamin B6 yang mengatur siklus ovulasi sehingga menstruasi bisa teratur.

  1. Brokoli

Siapa yang tidak suka sayur yang satu ini. Biasanya kita temukan sayuran ini dalam capcay, tumis, atau sup. Sayuran berwarna hijau tua ini mampu meningkatkan kesuburan Anda. Kandungan lain dalam brokoli yaitu magnesium dan klorofil, dua nutrisi yang dapat mendetoksifikasi racun. Agar tidak bosan, Anda bisa membuat kreasi menu yang berbeda-beda setiap harinya.

  1. Kubis

Siapa yang sayuran favoritnya kubis? Pasti banyak yang suka makan kubis, apalagi di setiap penyetan di seluruh Indonesia selalu menyediakan sayuran ini. Bagi Anda yang sedang program hamil sehat harus mengonsumsi sayuran ini. Kubis dikenal sebagai phytonutrien yang membantu menyeimbangkan kadar estrogen. Selain itu, antioksidan dalam kubis sangat tinggi.

  1. Paprika Merah

Sayuran dengan warna mempesona ini ternyata sangat dianjurkan untuk Anda yang menjalankan program hamil. Paprika mengandung vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Paprika berfungsi meningkatkan fungsi ovarium dan dapat memperbaiki siklus menstruasi.

Perlu diketahui bahwa vitamin C sangat terbukti meningkatkan kualitas sperma dan melindungi sperma dari kerusakan DNA. Sehingga bayi yang lahir cacat lebih kecil kemungkinannya. Cara mengolah paprika pun sangat mudah, bisa digunakan campuran memasak, nasi goreng, pasta, bahkan dijadikan salad.

Jika Anda tidak suka dengan sayuran, mulai saat ini mulailah membiasakan diri agar program hamil Anda berhasil. Pilih sayuran yang masih segar dan belum di kulkas. Anda bisa membelinya di pasar saat pagi hari. Kemudian mulailah mencari resep yang cocok dengan selera lidah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *