Dunia Remaja dan Baju Batik

Gaya Hidup

Remaja merupakan salah satu kalangan yang selalu update dalam perkembangan zaman. Baik itu perkembangan teknologi, gaya hidup atau lifestyle, hingga fashion. Fashion yang berkembang dikalangan remaja pun memiliki berbagai macam jenis. Seperti model rambut, model make up, hingga cara berpakaian. Zaman sekarang, cara berpakaian remaja-remaja Indonesia sudah banyak yang terkontaminasi dengan fashion ala barat. Cara berpakaian ala timur khususnya negara Indonesia sendiri mulai banyak ditinggalkan karena para remaja menganggap bahwa mereka yang mengikuti fashion Indonesia akan terkesan ketinggalan zaman atau tidak update. Pola pikir inilah yang harus kita ubah dalam mindset remaja zaman sekarang. Bahwa, kita tidak boleh meninggalkan ciri khas Indonesia, bahkan harus terus melestarikannya. Contohnya saja baju batik. Banyak remaja zaman sekarang yang menganggap bahwa yang mengenakan baju batik ialah orang-orang tua zaman dahulu dan batik merupakan sesuatu hal yang terlalu resmi dan tidak up to date. Hal ini tentu saja keliru, karena kita bisa terus mengikuti fashion yang terus berkembang tanpa meninggalkan budaya Indonesia. Misalnya saja dengan mengenakan baju bermotifkan batik Indonesia tetapi menggunakan model ala barat. Sounds interesting, right?

Komponen Batik dalam Penampilan Remaja

Batik tidak harus ada selalu ada dalam baju. Akan tetapi, memasukkan batik kedalam penampilan Anda sebagai remaja Indonesia merupakan suatu hal yang sangat bagus. Misalnya saja, jika Anda ingin tampil casual untuk pergi kekampus atau kekantor, Anda dapat mengenakan kaos polos berwarna gelap yang dipadukan dengan rompi bermotif batik berwarna cerah. Selain itu, dress selutut yang terbagi menjadi dua sisi juga dapat Anda manfaatkan untuk menghadiri suatu acara semi formal ataupun berjalan-jalan di mall untuk para remaja. Dua sisi tersebut merupakan perpaduan antara sisi polos dan sisi yang bermotifkan batik. Warna yang Anda pilih sebaiknya warna-warna yang cerah karena sangat cocok untuk menggambarkan aura remaja yang penuh dengan semangat. Selain memanfaatkan batik dalam pakaian, para remaja juga dapat menggunakan motif batik untuk aksesoris-aksesoris lainnya, seperti topi motif batik, ataupun jaket motif batik.

Segala sesuatunya terserah kepada selera Anda. Semua dapat tampil cantik, dan up to date tanpa meninggalkan identitas budaya bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *