Resep Mpasi Bayi Usia 6 Bulan

Kesehatan

Sampai dengan saat ini ASI masih menjadi nutrisi terbaik untuk bayi yang harus diberikan sampai usia 2 tahun. Akan tetapi pada saat usia 6 bulan bayi perlu mendapat makanan tambahan. Makanan pendamping ASI atau resep mpasi 6 bulan n karena proses pencernaan bayi yang sudah mulai sempurna. Memberikan makanan seperti pendamping ASI perlu kamu lakukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi bayi kamu dan mulai mengenalkan makanan selain ASI itu sendiri. Hal utama yang perlu diperhatikan ialah memberikan makanan yang halus sesuai kemampuan bayi untuk mencernanya dan sebaiknya makanan untuk bayi tersebut merupakan buatan kamu sendiri untuk menjaga nutrisi dan kualitas bahan yang digunakan. Di bawah ini menu makanan pendamping ASI atau MPASI 6 bulan yang dapat dijadikan sebagai menu makanan untuk buah hati kamu. Wortel selain enak dibuat sebagai jus, ternyata juga cocok untuk diberikan sebagai makanan pendamping ASI yang sejak dulu banyak direkomendasikan untuk proses pengenalan makanan pada bayi. Kamu bisa saja memberikan wortel rebus pada bayi karena kandungan sumber vitamin A dan mineral yang tinggi.

Selanjutnya kmu bisa memberikan buah pisang sebagai menu MPASI 6 bulan. Buah pisang hampir semua orang menyukainya begitu juga dengan bayi kamu yang suka dengan buah ini. Kamu bisa menjadikan buah pisang untuk membuatnya menjadi bubur. Akan tetapi jika memang kamu merasa repotan membuat bubur pisang bisa saja langsung memberikannya kepada buah hati dengan cara mengambil sedikit demi sedikit daging pisang menggunakan sendok. Zat baik yang terkandung pada buah pisang antara lain vitamin A, fosfor, asam folat dan kalsium. Sama saja dengan buah pisang, kamu juga bisa menjadikan buah pepaya sebagai pilihan MPASI yang cocok diberikan pada bayi. Buah pepaya begitu banyak mengandung enzim papain untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Selain itu pepaya juga banyak mengandung nutrisi seperti misalnya zat besi dan asam folat untuk membantu proses perkembangan otak sibayi. Begitu juga kandungan kalsium dan zink yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada tulang sibayi. Kamu dapat memberikan kepada bayi bubur alpukat agar bisa mulai memperkenalkan berbagai macam rasa. Buah alpukat didalamnya sudah mengandung vitamin A & C, kalsium, dan magnesium. Nutrisi dalam buah ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan motorik bagi bayi kamu.

Buah saat ini banyak yang bisa dijadikan sebagai menu MPASI 6 bulan antara lain buah pir. Kamu bisa memilih buah pir xiang lie untuk dijadikan sebagai bubur karena sudah cukup manis yang tidak perlu tambahan gula. Memang sebaiknya jika bayi masih usia 6 bulan tidak disarankan mengkonsumsi gula dan garam agar si bayi bisa belajar merasakan rasa alami dari buah tersebut. Proses penyajiannya masih sama saja yakni dengan di kupas bagian kulit dilanjut dihaluskan menggunakan blender atau alat lain. Bayi yang sudah berusia 6 bulan bisa mulai dicoba dengan memberikan bubur susu. Bubur yang dapat kamu buat sendiri dengan bahan tepung beras merah dan tambahan susu didalamnya. Tepung beras merah mengandung lebih banyak nutrisi jika dibandingkan kamu membuat bubur susu berbahan dasar beras putih.

Menu MPASI 6 bulan yang baik adalah memberikan bubur ubi jalar. Ubi jalar merupakan makanan sehat yang banyak mengandung kalsium, zat besi serta vitamin A, E, dan C untuk membatu proses pertumbuhan. Kamu bisa membuat berbagai macam olahan masakan dari ubi jalar ini. Misal dengan direbus saja atau dibuat jadi bubur. Selain memberikan si kecil buah – buahan, kamu bisa mencoba memberikan makanan pendamping ASI dengan kacang panjang. Kacang panjang memiliki serat dan vitamin B, Untuk lebih memudahkan bayi untuk mencernanya buatlah bubur dengan bahan dasar kacang dan tambahan susu. Makanan yang satu ini bisa kamu berikan pada bayi yang usia 6 bulan untuk memperkenalkan rasa gurih. Kamu bisa menyajikan dengan merebus kentang sampai lunak dengan menambahkan susu kemudian sajikan pada mangkuk dan bubur diberikan kepada si bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *